YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Selasa, 14 Maret 2023

Akhlaqul Karim Bab Qada' dan Qadar Allah S.W.T

1.      DEFINISI QADA’ DAN QADAR

Hal yang telah diyakini di dalam hati dengan sebenar benarnya, lalu dilaksanakan dengan sebenar-benarnya, dengan mengamalkannya dan diucapkan dengan sebenar benarnya Itulah arti dari pada iman yang sebenarnya. Pada rukun iman keenam, yang telah dianut oleh Ahlussunnah Wal Jamaah ini ialah Iman kepada ketentuan dan keputusan Allah. Dari segi bahasa, qada’ artinya memutuskan. Qada’ ialah pengetahuan Allah terhadap kejadian yang sudah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi (keputusan Allah). Dari segi
bahasa, qadar berarti ketentuan. Qadar ialah ketentuan yang Allah berlakukan sesuai dengan pengetahuan atau kehendak Allah (kapasitas dari keputusan Allah). Seperti contoh ini; santri akan menikah, maka akan mempunyai anak dan akan menjadi ulama, semua itulah qada’ (keputusan). Sedangkan, jika santri tersebut sudah menikah, maka itulah qadar (ketentuan).

Banyak kesalah pahaman yang terjadi, bahwa sesuatu yang terjadi kepada manusia adalah kehendak Allah, kejelekan dan kemaksiatan manusia, dinisbatkan secara serta merta kepada Allah. Memang, bahwa sesuatu yang terjadi kepada manusia adalah kehendak Allah itu dibenarkan, namun setiap manusia juga mempunyai kehendak sendiri. Jika, manusia tersebut mempunyai kehendak maka kehendak itulah yang nantinya dipertanggung jawabkan kepada Allah. Dengan begitu, maka manusia akan memahami dan
mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan muncul dari setiap yang mereka perbuat, hal yang biasa disebut sebagai hukum kausalitas. Karena itu menjadi tanggung jawab manusia itu sendiri yang akan dipertanyakan tanggung jawabnya oleh Allah.



Mengenai kausalitas ini, terdapat dua takdir; muallaq dan mubram. Takdir Muallaq merupakan suatu kejadian ataupun ketetapan, yang berhubungan terhadap ikhtiar (usaha) dan masih bisa diubah dengan usaha dan doa. Allah telah mengabarkan tentang sunnah dari sunnah-sunnah-Nya yang telah berjalan pada makhluk-Nya, bahwa Dia (Allah) tidak akan menghilangkan nikmat dari suatu kaum berupa kesehatan, keamanan, kelapangan karena keimanan dan ama

 عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ : إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ   ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ      أَوْ سَعِيْدٌ.    فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا

Artinya : “Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud R.A. beliau berkata: Rasulullah SAW. menyampaikan kepada kami dan beliau adalah orang yang jujur dan terpercaya: Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal daging selama empat puluh hari. Kemudian diutus
kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara: menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya. Demi Allah yang tidak ada Tuhan selain-Nya, sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak antara dirinya dan surge tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan
ahli neraka maka masuklah dia ke dalam neraka. sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli surga maka masuklah dia ke dalam surga
.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits di atas, bahwa memang pengetahuan dan kejadian yang Allah tentukan dan pastikan, akan dikembalikan kepada manusia dan dilaksanakan oleh manusia tersebut. Akan tetapi, ditetapkan baginya ketentuan, yakni ketika ditiupkan ruh di dalam tubuh manusia. Meskipun demikian, perlu juga kita fahami mengenai keberadaan lauhul mahfudh, bahwa ketetapan itu jauh terjadi sebelum ditiupkannya ruh, sebuah ‘tulisan’ yang
eksistensinya setelah Allah itu ada, maksudnya ialah bahwa Allah dan pengetahuanNya telah lebih dahulu dari pada tulisan ataupun takdir yang Allah.

Memahami hal ini, tentu akan menjadi nilai pandangan dan pendidikan tersendiri. Dengan ketentuan dan kepastian Allah inilah, seharusnya kita menjadi manusia yang mawas diri dan menjaga setiap perbuatan dengan semuanya diperuntukkan untuk pengabdian kepada Allah SWT.

 

2.      DALIL QADA’ DAN QADAR



a.      Dalil Al-Quran

Dalil qada’ yang memiliki arti keputusan, terdapat pada Al-Qur’an surah An-Nisa’
ayat ke 65

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤْمِنُوْنَ حَتّٰى يُحَكِّمُوْكَ فِيْمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ لَا يَجِدُوْا فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ حَرَجًا مِّمَّا قَضَيْتَ وَيُسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا


Artinya : Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, (sehingga) kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang engkau berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.

Sangat jelas diartikan sebagai keputusan. Dari arti tersebut dapat diambil
pengertian bahwa setiap apa yang kita dapati atau manusia dan makhluk Allah dapat selama ini, tentu semuanya ialah berdasarkan keputusan dari Tuhan semesta alam.

Adapun pengertian lain tentang qada’ ialah kehendak, terdapat dalam Al-Qur’an surah Ali Imron ayat 47

قَالَتْ رَبِّ اَنّٰى يَكُوْنُ لِيْ وَلَدٌ وَّلَمْ يَمْسَسْنِيْ بَشَرٌ ۗ قَالَ كَذٰلِكِ اللّٰهُ يَخْلُقُ مَا يَشَاۤءُ ۗاِذَا قَضٰٓى اَمْرًا فَاِنَّمَا يَقُوْلُ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Artinya : Dia (Maryam) berkata, “Ya Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan mempunyai anak, padahal tidak ada seorang laki-laki pun yang menyentuhku?” Dia (Allah) berfirman, “Demikianlah Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

Dari arti tersebut dapat diambil pengertian bahwa seorang mukmin harus beriman dan meyakini pada apa yang Allah kehendaki itu akan benar-benar terjadi dan tidak ada satupun suatu hal yang dapat menghalanginya. Merujuk pada kedua arti ini, setiap apa-apa yang telah Allah tulis dan tetapkan inilah semuanya berdasarkan kehendak Allah dan keputusan-Nya.

Dalil qadar, yang memiliki arti mengatur atau menentukan sesuatu menurut batas- batasnya atau kadar-kadarnya terdapat pada Al-Qur’an surah Fussilat ayat ke 10.

وَجَعَلَ فِيْهَا رَوَاسِيَ مِنْ فَوْقِهَا وَبٰرَكَ فِيْهَا وَقَدَّرَ فِيْهَآ اَقْوَاتَهَا فِيْٓ اَرْبَعَةِ اَيَّامٍۗ سَوَاۤءً لِّلسَّاۤىِٕلِيْنَ

Artinya : Dan Dia ciptakan padanya gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dan kemudian Dia berkahi, dan Dia tentukan makanan-makanan (bagi penghuni)nya dalam empat masa, memadai untuk (memenuhi kebutuhan) mereka yang memerlukannya.

Dari arti tersebut dapat diambil pengertian bahwa Allah telah menciptakan seluruh hal yang telah Dia ciptakan dengan kadar dan metamorfosisnya masing-masing. Sehingga, mereka semua dapat hidup di alam semesta ini tidak lain dengan atas izin Allah, dalam arti lain, qadar berarti ketentuan atau kepastian terdapat pada Al-Qur’an surah Al-Mursalat ayat ke 23.

فَقَدَرْنَاۖ فَنِعْمَ الْقٰدِرُوْنَ

Artinya : lalu Kami tentukan (bentuknya), maka (Kamilah) sebaik-baik yang menentukan.

Dari arti tersebut dalam diambil pengertian bahwa dengan ketentuan dan kepastian yang Allah berikan ini menjadikan manusia lebih bisa dapat menerima segala sesuatu yang telah di tentukan pada dirinya.

Dasar keimanan terhadap qadha dan qadar adalah firman Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an, yaitu firman Allah QS. Al-Hijr ayat 21. :

وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلا عِنْدَنَا خَزَائِنُهُ وَمَا نُنَزِّلُهُ إِلا بِقَدَرٍ مَعْلُومٍ

Artinya : “Dan tidak ada sesuatu pun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu.

Pada ayat yang lainnya disebutkan dalam QS. Maryam ayat 21

وَكَانَ أَمْرًا مَقْضِيًّا

Artinya : “Dan ini perkara yang sudah ditetapkan.”



 Dalil Al-Hadits

Riwayat shahih mengenai hal ini adalah sabda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam :

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

Artinya : “Kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir, dan kamu beriman kepada qadar yang baik maupun yang buruk”.( HR. Muslim).
Riwayat lainnya menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya yang pertama kali diciptakan Allah ta’ala ialah pena, kemudian Allah berfirman kepadanya, ‘Tulislah.’ Pena berkata, ‘Tuhanku, apa yang harus saya tulis?’ Allah berfirman, ‘Tulislah takaran (takdir) segala sesuatu hingga hari kiamat.” (H.R. Ahmad dan At-Tirmidzi).
Merujuk pada beberapa ayat dalam Al-Qur’an dan riwayat shahih dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dapat dipahami bahwa Allah Ta’ala telah menetapkan takdir seluruh makhlukNya. Riwayat lainnya menjelaskan:

كَتَبَ اللهُ مَقَادِيْرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ بِخَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ.

Artinya : “Allah telah mencatat seluruh takdir makhluk lima puluh ribu tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi” HR. Muslim, Thirmidzi dan Abu Dawud.

 

3. PERILAKU MANUSIA YANG MENCERMINKAN IMAN QADA’ DAN QADAR



Ketika benar benar mempercayai keputusan dan ketentuan dari Allah akan
menampakkan perilaku yang mencerminkan iman kepada kepastian dan ketentuan itu,
sebagaimana berikut:

a. Mengimani Qada’ dan Qadar dengan sebenar-benarnya akan menjadikan pribadi manusia menjadi lebih giat dan teratur dalam bekerja dengan sekuat tenaga untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

b. Menyadari bahwa dirinya adalah insan yang dzalim dan lemah serta meyakini atas apa yang Tuhan kehendaki dan Kuasanya agar apa yang dilakukanya lebih yakin dan kokoh.

c. Menerima masukan, saran dan kritik dari luar diri dan menghindari sikap keras kepala dan memperbaikinya dengan sikap tawadhu’ (rendah hati) dan meyakini bahwa semua ini atas pertolongan Allah SWT.

d. Dalam melangkahkan kaki di setiap harinya haruslah tetap berprasangka baik kepada Allah SWT dan menghindari rasa pesimistis dalam kehidupanya.

e. Dengan menjadikan cita-cita yang menjadi dasar kuat untuk mendapatkan kemuliaan di waktu yang akan datang menjadikan iman lebih kokoh.

f. Menengadahkan tangan di dada dengan ucapan syukur setiap saat bahkan saat
mendapatkan peristiwa-peristiwa yang terjadi walaupun itu ujian dari Allah karena dengan bersyukur itulah maka hidup akan terasa lebih mudah dan ringan dalam menjalaninya.

 

4. IMPLEMENTASI BERIMAN KEPADA QADA DAN QADAR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Orang yang beriman kepada qadha dan qadar senantiasa selayaknya memiliki keimanan kepada Rukun Islam secara utuh. Perilaku-perilaku itu dilakukan tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku-perilaku itu sebagai beikut:

1.    Berusaha bersungguh-sungguh untuk mencapai keberhasilan (Ikhtiar).

     Sebelum menyerahkan segala persoalan kepada Allah Swt. setidaknya orang yang beriman kepada qadha dan qadar berusaha dengan bersunguh-sungguh dahulu untuk mencapai keberhasilan atau sesuatu yang diinginkan. Meskipun Allah Swt. berkehendak lain atas usahanya itu, menandakan takdir Allah Swt. adalah yang terbaik buatnya.

2.    Menyerahkan segala persoalan kepada Allah (Tawakal).

     Setelah manusia berusaha sebaiknya segala persoalan diserahkan kepada Allah Swt. Mengapa demikian? Karena manusia adalah lemah jadi tidak mungkin dapat mengatasi persoalan sendiri. Selain itu manusia perlu ketenangan batin. Maka sudah seyogyanya bertawakal kepada Allah Swt. Semua itu Allah Swt yang menentukan lewat takdir-Nya yang tidak dapat ditolak oleh manusia

3.    Selalu bertemia kasih kepada Allah Swt (Syukur).

Bersyukur adalah ciri orang yang tahu belas kasih baik yang datang dari sesama manusia maupun dari Allah Swt. Orang yang senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah Swt. akan ditambah nikmatnya. Dan tidak mau bersyukur akan mendapatkan azab. Oleh karena itu selaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar sudah selayakny senantiasa bersyukur kepada Allah Swt.

4.    Melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya (Takwa).

     Takwa adalah simbul orang yang beriman. Menjalankan Rukun Islam yang berjumlah 5 (lima) yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat, dan beribadah haji (bagi yang mampu) crmian orang yang beriman kepada qadha dan qadar.

5.    Rela atau menerima pemberian Allah (Qanaah).

     Menerima pemberian Allah Swt . dengan ikhlas merupan bentuk beriman kepada qadha dan qadar. Kerelaan yang didasari sudah takdirnya dari Allah akan diterima tanpa sedikitpun mengeluh atau membandung-bandingkan dengan orang yang lebih beruntung.

6.    Tahan godaan (Sabar)

     Menahan segala sesuatu dari godaan nafsu dunaiwi juga merupakan perilaku orang yang mengimani adanya qadha dan qadar. Dia menyadari di dunia penuh godaan dan ujian. Biasanaya sikap orang tersebut iadak mudah terpengaruh oleh rayuan dunia yang glamour. Dia lebih suka bertafakur kepada Allah Swt. dan menjalani takdirnya dengan penuh keikhlasan. Orang ini sadar bahwa segala sesuatu yang menentukan dan yang menetapkan hanyalah Allah Swt., manusia hanya menjalaninya.

7.    Selalu berdoa

     Ikhtiar saja tidak cukup, harus dibarengi dengan doa agar memuluskan perjalanan. Tidak hanya doa kita saja, tetapi doa orang-orang tercinta seperti ibu, bapak, keluarga atau kerabat.  Doa juga menyadarkan kita bahwa semua usaha yang kita lakukan, pada akhirnya adalah Allah yang menentukan. Sehingga kita harus memohon agar apa yang kita usahakan dapat tercapai.  

 

5.      PENERAPAN IMAN KEPADA QADA DAN QADAR DALAM KARAKTER

Dari penjelasan bab ini, kita dapat menerapkan karakter sebagai berikut:

1. Karakter Religius

            Dari pemahaman beriman kepada Qada dan Qadar Allah, kalian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan beribadah kepada Allah Swt. Penerapan yang dapat kamu lakukan dalam kehidupan sehari- hari antara lain adalah:

            • mendirikan salat wajib berjamaah;

            • berdzikir setelah shalat; dan

            • membaca al-Qur’an setiap hari.

2. Karakter Jujur

            Dengan meyakini iman kepada Qada-Qadar diharapkan dapat memberikan motivasi bersikap jujur dalam kehidupan. Penerapan karakter jujur yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah:

            • mengerjakan ulangan dengan jujur;

            • membeli barang sesuai dengan harganya; dan

            • mengembalikan barang temuan kepada yang punya.

3. Karakter Peduli Sosial

            Penerapan karakter peduli sosial dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah:

            • membantu teman yang membutuhkan pertolongan;

            • mengeluarkan infaq setiap Jumat; dan

            • membantu korban bencana alam.

4. Karakter Bertanggung Jawab

            Penerapan karakter bertanggung jawab dalam kehidupan sehari- hari antara lain adalah:

            • mengerjakan tugas dari guru dengan sebaik-baiknya;

            • membersihkan ruang kamar setiap hari; dan

            • menjadi ketua kelas dengan amanah.

5. Karakter Kreatif

            Penerapan karakter tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari adalah:

            • melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat;

            • menyusun program dalam organisasi dengan kreatif; dan

            • menemukan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.



5.      HIKMAH MENGIMANI QADA’ DAN QADAR

            Hikmah beriman kepada takdir (kepastian dan ketentuan Allah) memberikan output dan implikasi yang bagus untuk maslahat dan pribadi individu, diantaranya:

     a. Jika sudah memahami, pasrah dan berusaha akan qada dan qadar Allah, tentu
memberikan macam-macam kesalehan amal dan akhlaq yang baik.

     b. Muslim dan mukmin yang sejati tentu mempasrahkan seluruh ketentuan yang diberikan kepada Allah baik berupa ujian maupun kebahagiaan dikembalikan kepada Allah.

     c. Mengimani kepastian dan ketentuan Allah ini dapat menjadikan manusia terlindungi dari akibat-akibat hal-hal yang buruk yang dapat menjadikan manusia untuk dapat masuk kejurang kesesatan dan kematian yang buruk atau suul khotimah yang terjadi, dengan memperbanyak berdoa dan melakukan kegiatan yang baik akan dapat menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar.

     d. Dapat membangkitkan ke dalam jiwa orang-orang yang beriman dengan keberanian dan mental hati yang kuat dan keyakinan yang pasti, dan pastinya dengan terus berusaha untuk tetap sabar ketika ujian telah datang kepada kita.

     e. Terdapat sebuah ketenangan hati, dengan rasa mensyukuri semua apa yang Allah tentukan dan tetapkan oleh Allah SWT kepada makhluk hidup di alam semesta ini

 


7. KESIMPULAN

Beriman kepada Qada’ dan Qadar, menjadikan manusia lebih bisa untuk menjadikan diri mereka optimistis kepada apa yang diberikan oleh Allah SWT. Semua yang telah terjadi di alam semesta ini, kepada diri mereka akan mempertebal iman kepada Allah. Takdir Muallaq (bisa dirubah dengan Ikhtiyar) dan Takdir Mubram (mutlak). Karakter manusia dengan memahami dan meyakini qada dan qadar Allah, akan memunculkan perilaku yang baik dalam keseharianya dan tentunya akan mendapatkan hikmah dari apa yang didapatkanya. Implikasi dari pemahaman yang komprehensif akan keyakinan yang benar terhadap qada’ dan qadar terhadap pendidikan agama Islam, adalah tertanamnya amal saleh (perilaku-perilaku positif) pada peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemahaman yang komprehensif akan keyakinan yang benar terhadap qada dan qadar Allah pada peserta didik memiliki dampak yang sangat positif, yakni timbulnya amal saleh (perilaku-perilaku positif) dalam kesehariannya yang juga dapat disebut dengan al-Akhlaq al-Karimah atau akhlaq mahmudah.

 

 


0 comments:

Posting Komentar