Berbagi Kebahagiaan Dengan Yatim dan Du'afa

Mari kita berbagi kebahagiaan dengan para santri yatim dan du'afa penghafal quran, kita bantu wujudkan cita-cita mereka menjadi ilmuan yang hafal Alquran

Program Orang Tua Asuh

Hanya dengan menyisihkan min 20K anda sudah menjadi orang tua asuh para santri yatim du'afa penghafal Al-quran

YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Senin, 19 Februari 2024

LAPORAN WAKAF AMBULANCE PALESTINA

๐Ÿƒ๐Ÿชท๐Ÿƒ๐Ÿชท๐Ÿƒ๐Ÿชท๐Ÿƒ๐Ÿชท
Laporan Penyaluran Donasi
Terimakasih kepada seluruh sahabat Al-Kautsar 561 yang sudah ikut serta dalam kemanusiaan untuk saudara-saudari di bumi Palestina dengan berdonasi melalui Yayasan Al-Kautsar 561.
Semoga Alloh swt memberkahi sahabat semua.
๐Ÿƒ๐Ÿชท๐Ÿƒ๐Ÿชท๐Ÿƒ๐Ÿชท๐Ÿƒ๐Ÿชท
๐Ÿ“™: Menebar kebaikan menuju keberkahan bersama Al-Kautsar 561.




Sertifikat Penyaluran Donasi :





Sabtu, 10 Februari 2024

SANTUNAN SOSIAL JOMPO, DHUAFA DAN YATIM AL- KAUTSAR 561


Tasikmalaya, Sabtu 10 Februari 2024

    Alhamdulillah Wa Syukrulillah pada awal bulan februari Yayasan Al-Kautsar 561 kembali melakukan rutinitas santunan bulanan untuk jompo, dhuafa dan yatim berupa kebutuhan primer diantaranya; beras, telur, kecap dan lain-lain.

    Santunan sosial ini merupakan titipan donatur dan aginiyya yang menyalurkan kebaikannya melalui  Yayasan Al-Kautsar 561 untuk disalurkan kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Kami ucapkan Jazakumullah Khairan Katsiran kepada seluruh donatur dan agniyya yang sudah menyisihkan sebagian hartanya untuk berbagi bersama kepada masyarakat kurang mampu, semoga Allah membalas kebaikan para donatur dan agniyya didunia dan akhirat dengan sebaik-baik balasan. Aamiin

    Bagi sahabat yang hendak berdonasi untuk santunan rutin bulanan atau untuk santri penghafal qur'an, wakaf tanah pesantren, sedekah dan infaq untuk pesantren melalui transfer ke rekening : 

MANDIRI norek 1310010189498

BRI Norek 010001011057531 

BSI Norek 7104859733 

An. Yayasan Al Kautsar 561 

BCA an Tati Susilawati 5140139230. 

Konfirm ke WA/SMS ke: 

Tati Susilawati- MA83(08122469045). 

Seno-(0821-1363-6569). 

Zidni Mubarok (081563928521)


Berikut dokumentasi penyaluran donasi sosial : 




























Selasa, 06 Februari 2024

RISET SOSIAL SMP QSBS AL KAUTSAR 561 2024


SMP QSBS, mempunya beberapa program unggulan, salah satu diantaranya Riset Sosial. Program ini diselenggarakan di kelas 7 semester 2 dan nanti disambung di kelas 11 SMA.

Ngapain aja sih, kelas 7 kok sudah ada riset segala? Emangnya SMP QSBS sekolah khusus calon peneliti? 


Bukan begitu juga sih. Penelitian ini baru dikenalkan, agar santri mempunyai keinginan tahuan yang tinggi. Kelas 7 belajar dulu menuju tahap-tahap penelitian yang sebenarnya. Nanti di SMA akan dikenalkan secara lebih dalam, sehingga nanti Ketika kuliah, mereka sudah punya modal awal dan tidak kaget Ketika harus menulis karya ilmiah atau penelitian.

Saat ini santri(siswa/ siswi) sedang melakukan kegiatan riset sosial di kampung Naga tasikmalaya. Kenapa di kampung Naga, emang ada apa? Kampung Naga kan dikenal sebagai kampung adat yang mempertahankan budaya dan adat istiadat leluhur. Jadi sangat menarik untuk diketahui lebih mendalam, seperti apa kondisi di sana.


Apa sih kegiatan santri di sana? Apa tujuannya?

Nah. Mereka lagi belajar untuk memperhatikan, mengamati lebih dalam, apa yang keren dikenal sbg fenomena sosial. Ada apa, sih di kampung naga? Bagaimana keaadaan masyarakat di sana? Apa pekerjaannya? Seperti apa arsitek kampung dan rumahnya? Apakah adat istiadat uniknya? Mengapa disebut kampung adat? Darimana nama kampung naga berasal? Siapa yang memulainya? Bagaimana mereka bisa bertahan, tidak tergoda budaya zaman now?


Nah, pasti dong kita tertarik mengetahui nya? Dengan mengetahui, kita akan mengerti dan memahami. Dari memahami akan muncul empati, lalu simpati. Dengannya muncul kepedulian dan keinginan membantu, jika kita menemukan masalah2 yang ada di sana.


Siswa/siswi melakukan riset sosial ini, untuk melatih kemampuan meneliti; curiousity (kepenasaranan), sensitiviy (kepekaan) dan passion (semangat) serta dilanjutkan dengan kemampuan menuliskan laporan dan memaparkannya dan diuji oleh tim dari sekolah bahkan plus penguji dari luar sekolah. Kaya sidang Tugas akhir aja yah?, mengasyikkan banget yah kegiatan ini.

Mereka dibagi-bagi dalam beberapa kelompok, mengusung tema yang berlainan sesuai arahan dari pembimbing. Mereka akan berkunjung bertemu dengan pemangku adat dan warga di sana, bercakap-cakap dengan tuan rumah, menggali informasi, memperhatikan apa yang mereka dengar, merekam apa yang mereka lihat. Ketika kembali, tugas belum selesai, mereka harus menjelaskannya dalam tulisan, menganalis, menyimpulkannya, membuat poster,  serta pameran dan presentasi di akhir kegiatan.


Harapannya akan muncul kesadaran bahwa keadaan sosial masyarakat itu beragam. Harus saling memahami, saling menghormati. Jika ada yg kurang beruntung kita harus bersyukur dan membantu mencari solusi, jika ada yang lebih kita harus meneladaninya. Semua menjadi ibrah bagi kehidupan siswa/i di masa depan. InsyaAlloh.

Penelitian merupakan suatu aktifitas ilmiah yang diperintahkan.

Alloh SWT berfirman di dalam Al-Quran yang artinya:  

"Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta adalah hati yang ada di dalam dada." (Qs. 22/46)


www.smpqsbs.sch.id

www.smaqsbs.sch.id

www.alkautsar561.or.id