YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Minggu, 12 Februari 2023

MENCINTAI ALLAH ﷻ


Apa yang dimaksud mencintai Allah SWT?

Cinta kepada Allah berarti menempatkan Allah di lubuk hati dengan khidmat. Bukti nyata dari mencintai Allah adalah dengan melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Cinta kepada Allah adalah selalu menjadikan Allah sebagai dasar atas segalanya.

Apa ciri mencintai Allah?

    Orang yang sungguh cinta pada Allah akan bersegera dalam melakukan kebaikan, tidak menunda-nunda apalagi menangguhkan perbuatan baik. Jika kita masih suka mengulur-ulur waktu untuk perbuatan yang baik dan mulia, maka itulah tanda bahwa kita belum benar-benar mencintai Allah.

    Mencintai Allah adalah merasa kasih dan cinta yang tulus dan dalam terhadap Allah. Dalam agama Islam, mencintai Allah merupakan salah satu prinsip dasar yang dianggap sangat penting. Mencintai Allah berarti mempercayai dan memahami bahwa Allah adalah Tuhan yang satu-satunya, menghargai dan menghormati-Nya, serta melakukan apa yang telah diperintahkan oleh-Nya. Mencintai Allah juga berarti mengabdikan diri kepada-Nya, mengikuti ajaran-Nya, dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih dekat dengan-Nya.

    Orang beriman akan sangat besar cintanya kepada Allah dan pasti lebih besar dari apapun selain diri-Nya sebagaimana firman-Nya :

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ ١٦٥

Artinya :

"Di antara manusia ada yang menjadikan (sesuatu) selain Allah sebagai tandingan-tandingan (bagi-Nya) yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat kuat cinta mereka kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat keras azab-Nya, (niscaya mereka menyesal)."

Apa hikmah dari mencintai Allah?

Mencintai Allah memiliki banyak manfaat atau hikmah bagi kehidupan seseorang. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencintai Allah dapat membantu seseorang untuk lebih bahagia dalam hidupnya dan memberikan tujuan yang jelas bagi kehidupannya.
  2. Mencintai Allah dapat membantu seseorang untuk lebih dekat dengan-Nya, sehingga dapat merasakan kehadiran-Nya dalam kehidupannya.
  3. Mencintai Allah dapat membantu seseorang untuk lebih memahami dan menghargai ajaran-ajaran agama yang diberikan oleh-Nya, sehingga dapat menjadi lebih baik dalam kehidupannya.
  4. Allah mencintai kita bukan berarti Allah tidak pernah memberikan cobaan atau ujian dalam hidup kita. Cobaan dan ujian tersebut diperlukan untuk membantu kita menjadi lebih kuat, lebih bijaksana, dan lebih dekat kepada Allah. Namun, Allah selalu memberikan pertolongan dan bimbingan kepada kita selama kita mau meminta pertolongan dan bimbingan kepada-Nya. 
  5. Allah memberikan cobaan berat kepada Nabi Ayyub a.s selama hidupnya. Tidak berarti Allah tidak cinta kepada Nabi Ayyub a.s. Demikian juga ketika Allah menguji Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, Nabi Isa dan tentunya Rasulullah s.a.w dengan berbagai penderitaan yang semuanya bisa dilalui dengan sabar. 
  6. Allah juga selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk bertaubat dan meminta ampunan atas segala kesalahan yang telah kita lakukan. Hal ini merupakan tanda kasih sayang Allah terhadap kita, karena dengan bertaubat dan meminta ampun, kita dapat menjadi lebih baik dan lebih dekat kepada Allah. 
  7. Jadi, mencintai Allah bukan berarti kita tidak pernah mengalami cobaan atau ujian dalam hidup. Namun, dengan mencintai Allah, kita akan lebih mampu menghadapi cobaan dan ujian dengan lebih kuat, bijaksana, dan dekat kepada Allah.
  8. Mencintai Allah tercermin dari cintanya kita kepada saudara2 mukmin melebihi kita sendiri. Seperti cintanya sahabat Anshar kepada sahabat Muhajjirin sebagaimana firman Allah ﷻ :

    وَالَّذِيْنَ تَبَوَّءُو الدَّارَ وَالْاِيْمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّوْنَ مَنْ هَاجَرَ اِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُوْنَ فِيْ صُدُوْرِهِمْ حَاجَةً مِّمَّآ اُوْتُوْا وَيُؤْثِرُوْنَ عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۗوَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَۚ ٩

 Artinya : "Orang-orang (Ansar) yang telah menempati kota (Madinah) dan beriman sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin) mencintai orang yang berhijrah ke (tempat) mereka. Mereka tidak mendapatkan keinginan di dalam hatinya terhadap apa yang diberikan (kepada Muhajirin). Mereka mengutamakan (Muhajirin) daripada dirinya sendiri meskipun mempunyai keperluan yang mendesak. Siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran itulah orang-orang yang beruntung."








0 comments:

Posting Komentar