YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Rabu, 10 Januari 2024

SEKOLAH SMP dan SMA QSBS Al KAUTSAR 561 TERUS BERKIBAR DAN BERKEMAJUAN

 

    Dalam usia yang relatif muda menjelang tahun ketujuh  sekolah QSBS Al Kautsar 561 telah menampilkan diri dan termasuk sekolah yang dapat disejajarkan dengan sekolah unggul yang ada di Jawa Barat. Prestasi-prestasi yang telah diraihnya baik dalam bidang akademik maupun non akademik bukan lagi dalam hitungan jari. Sekolah dengan motto :"Hafidz, Cerdas dan Mampu Memimpin", telah membuktikan dan menjadikan siswa-siswi hapal Al Qur'an, menguasai ilmu agama dan Ilmu pengetahuan, berakhlak, mandiri memiliki bekal kepemimpinan. 

    Sebagai upaya Yayasan Al Kautsar 561, mencetak generasi Qurani, yaitu dengan :

  1. Membacakan ayat-ayatNya (tilawah) kepada umat manusia adalah menyampaikan pengetahuan tentang hukum-hukum Allah baik yang tersurat (Al Qur'an) maupun ayat-ayat qauniyah  ( ayat-ayat Allah dalam sistem kehidupan alam semesta baik mikro maupun makro kosmos). 
  2. Mensucikan (tazkiyah), artinya membimbing dan mengajari ummat manusia untuk dapat membersihkan diri dari syirik kepada Allah, penyakit-penyakit hati, menjauhi perbuatan dosa, keji dan mungkar.
  3. Mengajarkan Kitab serta Hikmah yang dapat dimaknai sebagai upaya menghiasi dengan akhlak mulia , akhlak qur'ani (Hikmah). 
    Hal tersebut merupakan  kehendak Allah seperti tercantum dalam QS Al Jumu'ah ayat 2. 

    Mengapa para santri QSBS  harus memiliki bekal kecerdasan? Akal adalah anugerah yang diberikan Allah khusus kepada manusia. Dalam perwujudan rasa syukur manusia harus terus mempertajam akalnya dengan berpikir. Manusia memiliki potensi dasar yaitu berupa tingkat intelegensi, daya tangkap, abstraksi dan logika. 

    Ranah inilah yang terus harus diasah dengan kurikulum dan metode yang kaya sehingga memungkinkan anak didik menjadi tertampil berpikir. Pembelajaran di alam berupa Riset Alam ( Risalam) dan pembelajaran langsung ke masyarakat atau sosial yang disebut Riset Sosial (Risos) adalah program yang menghantarkan para siswa untuk berpikir ilmiah. 

    Ilmu kepemimpinan yang diajarkan di sekolah QSBS dalam rangka membekali mereka kemampuan mengatur diri  dan dapat bekerja sama dengan yang lain untuk mencapai peningkatan prestasi hidup. Allah akan memberikan kedudukan dan kemampuan memimpin kepada siapa saja yang memiliki 4 syarat, yaitu: 

  1. Menguasai ilmu pengetahuan ( QS 6 : 165 dan QS 58 : 11). 
  2. Orang beriman yang selalu mengerjakan  amal Sholeh (QS 24:55). 
  3. Orang yang dapat berlaku adil dan mampu mengendalikan hawa nafsu ( QS 38 : 26). 
  4. Yang melakukan amar makruf nahi mungkar ( QS 22:41). 
    Itulah janji Allah dalam Al Qur'an untuk  mampu memimpin. Membekali mereka tentang prasyarat kepemimpinan , santri  QSBS kelak dapat menjadi pimpinan di muka bumi sebagai Khalifah fiil Ardh

    Itulah mengapa lulusan SMA QSBS yang mayoritasnya masuk PTN favorit mendapatkan prestasi membanggakan ketika mereka berada di bangku kuliah masing-masing. Mereka menjadi motor penggerak dalam kegiatan atau program-program kemahasiswaan karena telah dibekali ilmu kepemimpinan dan kemandirian. Terlebih bekal ilmu Al Qur'an yang dimiliki akan menjadi uswah di tengah masyarakat kampus dan memiliki kemampuan berdakwah.

    Demikian semoga di tahun 2024 ini sekolah QSBS Al Kautsar 561 terus meraih prestasi yang gemilang yang dapat dibanggakan... Aamiin YRA 

Tasikmalaya,1 Januari 2024.

Oleh : Tim Litbang QSBS Al Kautsar 561

0 comments:

Posting Komentar