YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Senin, 21 Agustus 2023

DUTA ANTI BULLY QSBS, STOP BULLYING START LOVING

 


Cineam – SMP dan SMA Quranic Science Boarding School mengadakan Seminar Anti Bullying yang dilaksanakan pada hari Senin, 14 Agustus 2023 di Aula Gedung Al-Qudus Lantai tiga Pesantren Al Kautsar 561.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMP dan SMA Quranic Science Boarding School (QSBS) yang berjumlah sekitar 500 siswa.

Seminar Anti Bullying ini diisi oleh pemateri yang merupakan guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMP QSBS, yakni Bapak Yoga Aditriana, S. Pd.

Kegitan ini mengusung tema “Stop Bullying, Start Loving” dengan harapan agar seluruh siswa bisa memutus rantai tindakan bullying dan menjadikan suasana yang nyaman dan tenang dalam proses pembelajaran di sekolah dan pesantren. Selain itu, tujuan diadakan kegiatan seminar ini supaya seluruh siswa memahami dan menyadari akan pentingnya saling menjaga dan menghormati satu sama lain, sehingga dapat meghindari perilaku bullying tersebut.

“Semoga apa yang disampaikan, bisa diimplementasikan oleh setiap siswa dan menjadi kebiasaan yang baik”, ujar Pak Yoga Aditriana, S.Pd selaku guru BK di SMP Quranic Science Boarding School.

Dalam rangkaian kegiatan ini, dilaksanakan juga pelantikan duta anti bully yang diambil dari dua perwakilan siswa setiap kelas, yaitu sebanyak 30 siswa dari SMP yang dilantik oleh Bapak Encep Denih, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMP dan 14 siswa dari SMA yang dilantik langsung oleh Ibu Diana Arianti Suherman, M. Pd. selaku Kepala Sekolah SMA. Setiap siswa yang terpilih ini diharapkan menjadi pelopor dalam memberantas ataupun memotong tindakan rantai bullying di lingkungan sekolah.

Perlu diketahui bahwa kegiatan ini merupakan program sekolah yang mendukung Program Kemendikbud Ristek RI. Program dari duta antibully ini nantinya akan ada pertemuan secara berkala, yaitu setiap dua minggu sekali dengan kegiatan-kegiatan di antaranya konseling, teknis pencegahan bully, dan study kasus mengenai kondisi sekolah selama dua minggu ke belakang.

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan ini berjalan lancar dan diharapkan siswa terpilih yang menjadi duta anti bullying dapat mengemban amanat dengan baik dan penuh tanggung jawab.

“Program ini dilaksanakan untuk pencegahan preventif dan diharapkan perwakilan siswa yang terbentuk sebagai duta anti bullying dapat menjadi tempat bercerita untuk teman-teman di kelasnya dan lebih terbuka jika ada tindakan yang mengarah kepada pembullian”, ujar Pak Rizal As’ari, S. Pd. selaku Wakasek Kesiswaan SMA Quranic Science Boarding School.

0 comments:

Posting Komentar