YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Rabu, 13 Maret 2024

TARHIB RAMADHAN SANTRI AL-KAUTSAR 561 TAHUN 1445 H


 Ponpes Al-Kautsar 561 Tasikmalaya.

    Menjelang Puasa Ramadhan santri-santri pondok pesantren alkautsar 561 mengadakan kegiatan tarhib. Tarhib Ramadhan secara umum memiliki makna menerima dengan ketulusan hati akan kedatangan bulan suci ramadhan. Dari segi Etimologi kata tarhbi bersumber dari bahasa arab yaitu ra-hi-ba, yarhabu, rahbun yang berarti luas, lapang dan lebar. 

    Secara nahwu kata diatas berubah menjadi Fi'il Rahhaba, yurahhibu, tarhiban yang artinya menyambut, menerima dengan penuh kelapngan, kelebaran dan keterbukaan hati. Dari hal itu makna tarhib ramadhan adalah upaya memantaskan diri menyambut ramadhan dengan keterbukaan hati, kesucian jiwa dan keluasaan raga.


    Santri Al-Kautsar 561 diajarkan untuk berusaha memaksimalkan kesucian jiwa dalam menyambut kedatangan bulan suci tak hanya itu kegiatan tahrib ini bertujuan untuk mengajak dan menginfokan kepada masyarakat bahwa kedatangan bulan suci sudah semakin dekat.


    Kegiatan tarhib ini berupa perjalanan mengitari beberapa RT di lokasi yang berdekatan dengan Yayasan Al-Kautsar 561 juga memberikan jadwal shalat dan imsak bulan ramadhan kepada masyarakat yang dilewati dan dihiasi dengan kemeriahan berbagai macam perlombaan santri alkautsar 561.











0 comments:

Posting Komentar