YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Kamis, 23 November 2023

Pelatihan Pembuatan Kue & Roti untuk Masyarakat


Yayasan Al-Kautsar 561

    Kehidupan dalam normatifnya berjalan dengan arus lika-liku yang tak terbayangkan baik tatanan induvidu ataupun secara kolektif. Begitupun dalam ranah bersosial keniscayaan bagi seseorang untuk menjalani arus kehidupan yang tak tertebak apa yang akan hadir dari masa depan harus mempersiapkan berbagai aspek kualitas guna menunjang kemaslahatan dimasa yang sedang dilalui serta untuk masa yang akan datang diantaranya ialah kemampuan dalam meninjau kebutuhan.

    Berbagai macam polemik sering terjadi ditengah masyarakat kota ataupun desa terkhususkan dalam ranah ekonomi yang bersifat fundamentalis dimana seseorang mampu menjadi baik atau buruk disebabkan faktor ekonomi, kejahatan bertebar luas karna ekonomi begitupun sebaliknya kebaikan terasakan dengan perkembangan ekonomi. Fakta yang saat ini dirasakan hampir oleh seluruh masyarakat borjoe adalah resesi ekonomi yang disebabkan berbagai macam faktor diantaranya minim literasi untuk berinovasi dari masyarakat sehingga tak dapat dipungkiri turunnya ekonomi melebarnya kejahatan.

    Penanggulangan untuk problematika diatas bukan sebatas memberikan bantuan yang bersifat instant melainkan menyalurkan keilmuan untuk meningkatkan kualitas independen. Yayasan Al-Kautsar 561 mencoba untuk memberikan solusi dari paradigma masyarakat didesa ciragem dengan mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan kue dan roti untuk meningkatkan pengetahuan sehingga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan menurunkan kejahatan ditengah masyarakat.


    Pelatihan ini berlokasi di Balai Latihan Kerja Komunitas Yayasan Al-Kautsar 561 dengan peserta 16 orang dari berbagai rt & rw dengan kurun waktu pelatihan selama 28 hari bersifat luring. Kegiatan pelatihan ini berbasis kompetensi. Pembelajaran dilakukan dengan paparan teori yang signifikan dengan judul pelatihan juga diwajibkan kepada setiap peserta mampu menguasai berbagai macam teori pembuatan kue dan roti juga teknik pemasaran serta keilmuan ekonomi islam, hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan kualitas luar dalam bagi peserta. 

    Praktek pembuatan kue dilakukan setelah teori-teori dapat dikuasai dengan baik oleh setiap peserta selain itu mereka juga diajarkan untuk memasarkan hasil produk ke berbagai tempat dan alhamdulillah produk dari BLKK Yayasan Al-Kautsar 561 ini sudah banyak yang memesan dari berbagai tempat.






    Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini mampu memberikan manfaat kepada peserta untuk seluruh warga sekitar cineam terlebih dalam skala yang lebih luas serta dapat menanggulangi resesi ekonomi masyarakat. 






0 comments:

Posting Komentar