YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Rabu, 12 Februari 2020

SMP QSBS Al-Kautsar 561 Memang Beda

*Klasifikasi Makhluk Hidup*

Santri Putra kelas 7 sedang belajar ekosistem


Santri Putra kelas 7 sedang belajar ekosistem


Santri Putri kelas 7 sedang belajar ekosistem

Santri Putri kelas 7 sedang belajar ekosistem

Alquran telah mejelaskan pengelompokkan tumbuhan dalam Quran Surat Al-An’am : 141

وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۚ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beranekaragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS Al An’am ayat : 141)

Selain tumbuhan juga dijelaskan pengelompokan Hewan dalam Quran Surat An-nur : 45

وَاللَّهُ خَلَقَ كُلَّ دَابَّةٍ مِن مَّاء فَمِنْهُم مَّن يَمْشِي عَلَى بَطْنِهِ وَمِنْهُم مَّن يَمْشِي عَلَى رِجْلَيْنِ وَمِنْهُم مَّن يَمْشِي عَلَى أَرْبَعٍ يَخْلُقُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” (Qs: An-nur : 45)

SMP QSBS Mempejari langsung di alam untuk mempelajari klasifikasi makhluk hidup dan mengelompokkan tumbuhan dan hewan dengan mengambil sampel di LAB Alam yang berada di sekitar SMP QSBS, kemudian sampel tumbuhan dan hewan yang didapatkan dikelompokkan dan dibuatkan klasifikasinya. Pembelajaran yang menyenangkan dan membuat pemahaman yang cepat bagi siswa-siswi SMP QSBS sekaligus mentadaburi alam secara langsung yang menyediakan berbagai makhluk hidup yang memiliki kebermanfaatan yang banyak terutama bagi manusia. Di harapkan selain ilmu pengetahuan yang meningkat iman dan taqwa siswa-siswi SMP QSBS terus meningkat.
*Rika Mustika*
Guru sains SMP QSBS

0 comments:

Posting Komentar