Langsung ke konten utama

Iman Kepada Takdir

Oleh: Rifqi Fauzi,Lc (Alumni Al-Azhar Mesir. Sekarang mengajar di Al-Kautsar 561)

”Tidak ada satu pun musibah yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah SWT, dan barang siapa yang beriman kepada Allah SWT niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS At Taghabun [64]: 11).

Iman kepada takdir adalah pilar kehidupan yang Allah SWT anugerahkan kepada setiap hambanya yang beriman. Dengan mengimani takdir seseorang akan mampu dan siap mengarungi bahtera kehidupan dengan sempurna, karena iman kepada takdir akan menumbuhkan sifat positif. Dengan begitu, dia akan senantiasa berada dalam keseimbangan.

Di antara sifat positif itu adalah, pertama, dengan iman kapada takdir seseorang akan selalu dalam kebaikan. Bersyukur ketika Allah SWT memberikan nikmat dan bersabar serta tawakal ketika Allah memberikan musibah. Hal ini bertolak belakang dengan kebanyakan manusia pada umumnya, sebagaimana firman-Nya, ”Dan apabila Kami memberikan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri, akan tetapi apabila ia ditimpa malapetaka maka ia banyak berdoa.” (QS Fushshilat [41]: 51).

Kedua, dengan iman kepada takdir, seseorang akan senatiasa bekerja keras dan istikamah. Karena, ia percaya dan mengimani bahwa Allah SWT tidak akan mengubah nasib seseorang kecuali dengan usahanya sendiri. Allah SWT berfirman, ”Sesungguhnya Allah SWT tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS Ar-Ra`du [13]: 11).

Ketiga, dengan iman kepada takdir berarti mengimani bahwa musibah dan bencana yang datang bukan hanya merupakan kodrat Ilahi, namun juga dikarenakan kesalahan manusia sendiri. Sehingga, akan senantiasa mawas diri, selalu berhati-hati, tidak menyombongkan diri dan menghentikan segala perbuatan yang dapat mendatangkan kerusakan dan Adzab Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya, ”Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah nikmat dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS An-Nisaa [4]: 79).

Jelaslah, iman pada takdir bukan berarti kita diam tak berdaya dan memasrahkan semua pada takdir. Atau menyalahkan semua kejadian buruk yang menimpa kita dengan kilah, ”Takdirku sungguh kejam.”

Karena mengimani takdir sesungguhnya adalah motivasi bagi kita untuk berbuat yang terbaik. Ingat, Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak berusaha mengubah nasibnya sendiri. Wallahu a`lam bish-shawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Free Download MP3 Murottal Al-quran Per Juz

Sahabat AK561 Kali ini admin ingin berbagi Murottal Al-quran Per Juz yang di lantunkan oleh Sheikh Emad Bin Muhammad Al Mansary  Cocok buat muroja'ah atau buat didengarkan diperjalanan dan di rumah. Bisa di putar streaming atau download Mudah-mudahan bermanfaat untuk sahabat semua : Surah  Al Fatihah Download.mp3 Murottal  Juz 1 (الجزء ١) Download.mp 3 Murottal Juz 2 (الجزء ٢) Download.mp3 Murottal  Juz 3 (الجزء ٣)   Download.mp3 Murottal  Juz 4 (الجزء ٤)   Download.mp3 Murottal  Juz 5 (الجزء ٥) Download.mp3 Murottal  Juz 6 (الجزء ٦)   Download.mp3 Murottal  Juz 7 (الجزء ٧) Download.mp 3 Murottal  Juz 8 (الجزء ٨) Download.mp3 Murottal  Juz 9 (الجزء ٩) Download.mp3 Murottal  Juz 10 (الجزء ١٠) Download.mp3  Murottal  Juz 11  (لجزء ١١) Download.mp3 Murottal  Juz 12 (الجزء ١٢) Download.mp3 Murottal  Juz 13 (الجزء ١٣)   Download.mp3 Murottal  Juz 14 (الجزء ١٤) Download.mp3 Murottal  Juz 15 (الجزء ١٥)   Download.mp3 Murottal  Juz 16 (الجزء ١٦) Download.mp3

Wujudkan Pesantren Yatim Penghafal Quran

  *. Rp.20.000, UNTUK* *. PEMBANGUNAN PESANTREN* *. TAHFIZH ALKAUTSAR561* Bismillah Yayasan/Pesantren Alkautsar561 sejak tahun 2011 mendidik anak yatim dan dhuafa. Dulu anak-anak sekolah di luar yayasan sehingga dirasakan kurang efektif karena waktunya banyak dipakai perjalanan Pesantren-Sekolah pulang pergi. Tiba di pesantren sudah lelah, dipaksa mengaji pun kurang maksimal. Total santri saat ini hampir 200an dan untuk tahun 2018 sudah mulai banyak pendaftar dan berencana menerima 200an santri. Target santri tahun 2025: 5.000 santri, tahun 2035: 10.000 santri penghafal Alquran. Tahun 2017 ini yayasan mulai membuka SMP, sehingga santri bisa belajar lebih optimal, hasilnya sangat signifikan dibanding dulu. Hasil tersebut harus dipertahankan bahkan ditingkatkan, namun sayang yayasan mempunyai keterbatasan tempat *mesjid, asrama, kelas, klinik dan aula* semua diperlukan di thn 2018 yad. Untuk itu kami mengajak sahabat semua untuk gotongroyong membangun fasilitas-fasilitas

Profile Yayasan

Profil Yayasan Al-Kautsar561 Tentang Kami Yayasan Al-Kautsar561 terlahir dari keprihatinan terhadap kaum dhu’afa Indonesia. Banyak sekali anak-anak yang putus sekolah ataupun masih sekolah namun terancam putus, mereka dalam kondisi sangat kekurangan, tidak mampu beli buku, pakaian yang sudah lusuh, tidak mampu beli sepatu, tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik karena pagi tidak ada buat sarapan dan banyak hal lainnya yang membuat anak-anak dhu’afa Indonesia tidak berprestasi. Sejak berdiri tahun 2011, Yayasan Al - Kautsar561 mengasuh dan menyantuni beberapa anak yatim/dhu’afa dari desa setempat dan desa sekitarnya ,  bahkan mulai tahun 2015 berkembang , Santri dan Mahasantri berasal dari berbagai pelosok propinsi di Indonesia , diantaranya: Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Garut, Bandung, Majalengka, Indramayu, Bekasi, Tanggerang, Purwakarta, Banten, Solo, Pemalang, Riau, Lampung, Bengkulu, Sambas (Kalimantan Barat), Landak (Kalimantan Barat), Mamuju (Sul