Langsung ke konten utama

Mabit di Alkautsar 561



MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) 

Istilah MABIT di Alkautsar 561 berbeda dengan istilah MABIT yang sering dikenal oleh berbagai kalangan umat islam. MABIT di Alkautsar 561 memiliki arti Malam Bina Iman dan Taqwa.
Program MABIT ini bertujuan untuk membina santri dan santriah  melatih diri supaya terbiasa menjalankan perintah-perintah agama yang sesuai dengan tuntunan Rosul dalam kehidupan sehari-hari.

 Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam program mabit ini diantaranya: Belajar Ilmu Agama, Fahmil/tahfidz Quran, Qiyamullail, Shalat Dzuha, tadzabur alam, sosial dll yang diselingi motivasi dan game agar anak-anak tidak jenuh dan selalu ceria. 
  
Dalam program MABIT ini bukan hanya pelajaran agama yang disampaikan kepada para santri tetapi ada juga kegiatan yang bersifat membangun jiwa santri peduli terhadap lingkungan, seperti mentadaburi alam semesta dan outing, disamping itu ada juga kegiatan yang sifatnya menghibur para santri dan santriah supaya kegiatan menyenangkan. Untuk mengasah kepedulian sosialnya santri juga diajak berbagi, menyantuni orang sakit atau kakek/nenek jompo.

Ada 1 materi baru yang sangat menarik. Sesuai tema pesantren kami 'fahmil qur'an', kakak2 mentor memberikan materi tahfidz 'one MABIT one ayat' yg dimulai dg juz 28, surat almujadalah surat ke 58 ayat pertama. Mantap banget nih. Alhamdulillah.

MABIT UMUM:

Setiap malam minggu atau malam libur, anak-anak sekitar dan anak yang rumahnya jauh di luar desa, luar kecamatan, luar kabupaten pada datang ikut MABIT. Mereka datang tanpa harus diberitahu. Kakak-kakak mentornya harus selalu siap. Anak-anak santri mukim yang besar berlatih untuk jadi mentor. Mereka jadi ada kegiatan rutin, membimbing adik-adiknya selama hampir sehari semalam. Alhamdulillah mereka sudah PD tampil jadi mentor. Subhanalloh tidak sia-sia kita bantu mereka, sangat besar manfaanya. Ada multilevel kebaikan yang insya Alloh kebaikan ini akan terus mengalir kepada sahabat-sahabat semua.

MABIT KHUSUS
Setiap 2 atau 3 bulan sekali diadakan MABIT khusus untuk anak-anak yatim piatu sedesa bahkan lebih(termasuk desa tetangga) dan dari pesantren-pesantren yang ada di sekitar. Pada MABIT ini sekalian menyerahkan bantuan biaya pendidikan untuk mereka. Biasanya dihadiri oleh sekitar 80 sampai 100 anak. Untuk mendukung acara besar ini biasanya kami mengundang motivator/mentor yang profesional dari kota Tasikmalaya, Bandung, Yogyakarta, dll.
 

Mari terus kita dukung kegiatan mereka. ZISWAF yang luar biasa memberi nilai tambah bagi kita semua. Insya Alloh.
 
By: AlKautsar561

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Free Download MP3 Murottal Al-quran Per Juz

Sahabat AK561 Kali ini admin ingin berbagi Murottal Al-quran Per Juz yang di lantunkan oleh Sheikh Emad Bin Muhammad Al Mansary  Cocok buat muroja'ah atau buat didengarkan diperjalanan dan di rumah. Bisa di putar streaming atau download Mudah-mudahan bermanfaat untuk sahabat semua : Surah  Al Fatihah Download.mp3 Murottal  Juz 1 (الجزء ١) Download.mp 3 Murottal Juz 2 (الجزء ٢) Download.mp3 Murottal  Juz 3 (الجزء ٣)   Download.mp3 Murottal  Juz 4 (الجزء ٤)   Download.mp3 Murottal  Juz 5 (الجزء ٥) Download.mp3 Murottal  Juz 6 (الجزء ٦)   Download.mp3 Murottal  Juz 7 (الجزء ٧) Download.mp 3 Murottal  Juz 8 (الجزء ٨) Download.mp3 Murottal  Juz 9 (الجزء ٩) Download.mp3 Murottal  Juz 10 (الجزء ١٠) Download.mp3  Murottal  Juz 11  (لجزء ١١) Download.mp3 Murottal  Juz 12 (الجزء ١٢) Download.mp3 Murottal  Juz 13 (الجزء ١٣)   Download.mp3 Murottal  Juz 14 (الجزء ١٤) Download.mp3 Murottal  Juz 15 (الجزء ١٥)   Download.mp3 Murottal  Juz 16 (الجزء ١٦) Download.mp3

Wujudkan Pesantren Yatim Penghafal Quran

  *. Rp.20.000, UNTUK* *. PEMBANGUNAN PESANTREN* *. TAHFIZH ALKAUTSAR561* Bismillah Yayasan/Pesantren Alkautsar561 sejak tahun 2011 mendidik anak yatim dan dhuafa. Dulu anak-anak sekolah di luar yayasan sehingga dirasakan kurang efektif karena waktunya banyak dipakai perjalanan Pesantren-Sekolah pulang pergi. Tiba di pesantren sudah lelah, dipaksa mengaji pun kurang maksimal. Total santri saat ini hampir 200an dan untuk tahun 2018 sudah mulai banyak pendaftar dan berencana menerima 200an santri. Target santri tahun 2025: 5.000 santri, tahun 2035: 10.000 santri penghafal Alquran. Tahun 2017 ini yayasan mulai membuka SMP, sehingga santri bisa belajar lebih optimal, hasilnya sangat signifikan dibanding dulu. Hasil tersebut harus dipertahankan bahkan ditingkatkan, namun sayang yayasan mempunyai keterbatasan tempat *mesjid, asrama, kelas, klinik dan aula* semua diperlukan di thn 2018 yad. Untuk itu kami mengajak sahabat semua untuk gotongroyong membangun fasilitas-fasilitas

Profile Yayasan

Profil Yayasan Al-Kautsar561 Tentang Kami Yayasan Al-Kautsar561 terlahir dari keprihatinan terhadap kaum dhu’afa Indonesia. Banyak sekali anak-anak yang putus sekolah ataupun masih sekolah namun terancam putus, mereka dalam kondisi sangat kekurangan, tidak mampu beli buku, pakaian yang sudah lusuh, tidak mampu beli sepatu, tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik karena pagi tidak ada buat sarapan dan banyak hal lainnya yang membuat anak-anak dhu’afa Indonesia tidak berprestasi. Sejak berdiri tahun 2011, Yayasan Al - Kautsar561 mengasuh dan menyantuni beberapa anak yatim/dhu’afa dari desa setempat dan desa sekitarnya ,  bahkan mulai tahun 2015 berkembang , Santri dan Mahasantri berasal dari berbagai pelosok propinsi di Indonesia , diantaranya: Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Garut, Bandung, Majalengka, Indramayu, Bekasi, Tanggerang, Purwakarta, Banten, Solo, Pemalang, Riau, Lampung, Bengkulu, Sambas (Kalimantan Barat), Landak (Kalimantan Barat), Mamuju (Sul