YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Kamis, 09 Oktober 2014

Rencana Pembangunan Pondok Yatim dan Sekolahnya


SMP/SMA Sains Islam Terpadu (Boarding School).
Kami baru menerima sedikit santri. Itupun hanya untuk program program pesantrennya saja, dimana santri menginap di Pondok santri Al Kautsar 561 dan mengikuti program pesantren, sedangkan pada siang harinya mereka sekolah di sekolah formal di sekitar yayasan, karena Yayasan Al Kautsar 561 belum memiliki  sekolah formal sendiri karena tidak adanya fasilitas gedung sekolah. Kelemahannya tentunya kami tidak bisa mengontrol secara penuh, baik lingkungan pergaulannya ataupun secara kualitas belajar mereka, karena kualitas pengajar yang seadanya yang ada disekolah formal mereka. Oleh karenanya kami berencana membuat  membuat lembaga pendidikan yang terintegrasi antara sekolah formal dan pesantren.

Misi kami dalam pendidikan adalah memfokuskan anak didik sesuai minat mereka, kami tidak akan membebankan anak didik dengan model pesantren pada umumnya yang memaksa anak didik menguasai ilmu agama dan ilmu umum secara bersamaan, dimana mereka harus menguasai puluhan mata pelajaran secara bersamaan, karena tentunya ilmu agama cakupannya sangat luas dan bukan hal mudah, begitupun dengan ilmu umum.  Idelanya menurut kami sistem pendidikan kita mendukung setiap jurusan baik jurusan ilmu umum yang nantinya menjadi ilmuan dan juga jurusan khusus ilmu agama yang nanti menjadi para ulama.
 Namun pada kenyataannya sekarang sistem pendidikan kita hanya baru mendukung program jurusan ilmu umum, sehingga pesantren terpaksa menggabungkan program jurusan umum dan program kurikulum ilmu agama yang pada akhirnya santri ditekan untuk mempelajari banyak bidang ilmu, yang pada akhirnya santri tidak benar-benar menguasai dengan mendalam, baik ilmu umum ataupun ilmu agama itu sendiri, sehingga menjadi ulama tidak dan menjadi ilmuanpun tidak.

Atas dasar pemikiran itu, maka  Insya Alloh  pada tahun 2016/2017 akan membuka SMP/SMA Sains Terpadu, merupakan program sekolah formal SMP/SMA  kombinasi program pesantren dengan modifikasi kurikulum yang ada dari diknas, dimana jika sekolah umum biasanya sains begitu jauh terpisah dari agama dan bahkan melupakan jasa ilmuan Islam terdahulu dalam pengembangan ilmu sains modern, maka kami memodifikasinya dengan penambahan sains Islam berlandaskan Alquran dan Sunnah. Sehingga mereka bisa menjadi ilmuan yang kental dengan ruhani agama Islam yang tentunya menjadi bekal baik untuk kehidupan pribadinya juga akan menumbuhkan kepekaan sosial yang sangat tinggi.
Keunggulan boarding school adalah kami bisa menciptakan lingkungan yang kondusif baik  dalam pendalaman materi sekolah mereka baik teori ataupun praktek, peningkatan bahasa (arab dan Inggris), membiasakan etika Islam dan  menjaga anak didik selalu menjalankan ibadah mereka. Selain itu kamipun memasukan kurikulum enterpreneurship baik berupa teori lapangan juga praktik melalui agro bisnis atau usaha lainnya yang kami jalankan.
Adapun kurikulum pesantren kami hanya memberikan pelajaran-pelajaran yang memang menyangkut dengan ibadah mereka untuk diperaktekan secara pribadi, seperti akidah, fikih, ahlaq dan dzikir doa, dan baca tulis dan hapalan Alquran. Karena tentunya seorang ilmuan tetap diwajibkan beribadah kepada Allah walaupun tidak harus ahli dalam ilmu agama (menjadi ulama).
Walaupun kami menyuguhkan ilmu agama hanya yang bersipat kebutuhan sendiri tapi insyaAllah lulusan kami akan mampu melanjutkan ketingkat universitas Islam luar negri karena mereka telah dibekali kemampuan bahasa arab yang mumpuni, karena syarat utama belajar ketimur tengah, dari pengalaman staf pengajar kami, utamanya bisa bahasa Arab, adapun pemahaman pelajaran lainnya mereka akan bisa mengikutinya. Sehingga para lulusan sekolah kami tidak hanya mampu menjadi ilmuan, akan tetapi mereka juga mempunyai kemampuan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi agama untuk menjadi ulama. 
Untuk mendukung program di atas kami memerlukan bangunan pondokan dan sekolahannya. Diperlukan Dana yang sangat besar untuk mewujudkannya. Bagi yang akan turut berpartisipasi disilahkan. Semoga Alloh meluaskan rejeki orang yang berhati luas ingin membantu misi dakwah ini. Jazakumullohu khoiron katsiron.

0 komentar:

Posting Komentar