YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Selasa, 11 Maret 2014

Pemberdayaan Masyarakat

Bismillahirrohmanirrohim

Sejak tahun 2011 awal berdirinya yayasan ini, kami sudah mencoba membantu masyarakat dengan mengelola kebun. Dikerjakan bersama-sama oleh warga/jama'ah masjid, ditanami singkong jagung dan sayuran. 

Selain untuk menghasilkan uang, kegiatan ini kami maksudkan untuk berdakwah dan mendekatkan mereka ke mesjid. Alhamdulillah banyak yang berperanserta, termasuk setiap malam sabtu diadakan pengajian/ taushiyah untuk memahamkan mereka kepada agama islam dan akhlakul karimah. 45% peserta menjadi jama'ah tetap, yang lainnya belum konsisten. Hidayah milik Alloh. Jika Dia berkehendak tidak ada yang bisa nolak.

Setelah sekian waktu, ada sahabat dermawan yang menitipkan dana untuk pemberdayaan ini. Disepakati bahwa dana tersebut digunakan untuk memodali pedagang kecil yang kekurangan modal ataupun masyarakat yang ingin memulai dagang. Setiap peserta ada yang kami modali Rp.1jt, ada yang Rp.500rb dengan persyaratan mereka harus belajar infak (kemana saja, bisa juga ke Al-Kautsar561). Beberapa peserta berjalan dengan baik, namun banyak juga yang habis dimakan.

Kesalahan kami belum ada relawan yang mengontrol kegiatan pemberdayaan ini, sehingga hasilnya tidak optimal.

Semoga ke depan kegiatan ini bisalebih berdaya lagi. Salam Berbagi 561...





0 komentar:

Posting Komentar