YAYASAN YATIM & DU’AFA ALKAUTSAR 561, MENERIMA PENYALURAN ZAKAT, INFAQ, WAKAF DAN SHODAQOH

Senin, 03 Februari 2014

Mabit di Alkautsar 561



MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) 

Istilah MABIT di Alkautsar 561 berbeda dengan istilah MABIT yang sering dikenal oleh berbagai kalangan umat islam. MABIT di Alkautsar 561 memiliki arti Malam Bina Iman dan Taqwa.
Program MABIT ini bertujuan untuk membina santri dan santriah  melatih diri supaya terbiasa menjalankan perintah-perintah agama yang sesuai dengan tuntunan Rosul dalam kehidupan sehari-hari.

 Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam program mabit ini diantaranya: Belajar Ilmu Agama, Fahmil/tahfidz Quran, Qiyamullail, Shalat Dzuha, tadzabur alam, sosial dll yang diselingi motivasi dan game agar anak-anak tidak jenuh dan selalu ceria. 
  
Dalam program MABIT ini bukan hanya pelajaran agama yang disampaikan kepada para santri tetapi ada juga kegiatan yang bersifat membangun jiwa santri peduli terhadap lingkungan, seperti mentadaburi alam semesta dan outing, disamping itu ada juga kegiatan yang sifatnya menghibur para santri dan santriah supaya kegiatan menyenangkan. Untuk mengasah kepedulian sosialnya santri juga diajak berbagi, menyantuni orang sakit atau kakek/nenek jompo.

Ada 1 materi baru yang sangat menarik. Sesuai tema pesantren kami 'fahmil qur'an', kakak2 mentor memberikan materi tahfidz 'one MABIT one ayat' yg dimulai dg juz 28, surat almujadalah surat ke 58 ayat pertama. Mantap banget nih. Alhamdulillah.

MABIT UMUM:

Setiap malam minggu atau malam libur, anak-anak sekitar dan anak yang rumahnya jauh di luar desa, luar kecamatan, luar kabupaten pada datang ikut MABIT. Mereka datang tanpa harus diberitahu. Kakak-kakak mentornya harus selalu siap. Anak-anak santri mukim yang besar berlatih untuk jadi mentor. Mereka jadi ada kegiatan rutin, membimbing adik-adiknya selama hampir sehari semalam. Alhamdulillah mereka sudah PD tampil jadi mentor. Subhanalloh tidak sia-sia kita bantu mereka, sangat besar manfaanya. Ada multilevel kebaikan yang insya Alloh kebaikan ini akan terus mengalir kepada sahabat-sahabat semua.

MABIT KHUSUS
Setiap 2 atau 3 bulan sekali diadakan MABIT khusus untuk anak-anak yatim piatu sedesa bahkan lebih(termasuk desa tetangga) dan dari pesantren-pesantren yang ada di sekitar. Pada MABIT ini sekalian menyerahkan bantuan biaya pendidikan untuk mereka. Biasanya dihadiri oleh sekitar 80 sampai 100 anak. Untuk mendukung acara besar ini biasanya kami mengundang motivator/mentor yang profesional dari kota Tasikmalaya, Bandung, Yogyakarta, dll.
 

Mari terus kita dukung kegiatan mereka. ZISWAF yang luar biasa memberi nilai tambah bagi kita semua. Insya Alloh.
 
By: AlKautsar561

0 comments:

Posting Komentar